Tokoagro

  Level : Premium

Alamat

 Kabupaten Sleman

Level : Addicted
Terakhir login 13 Jul

Tokoagro
Produk Inbox Artikel Informasi
Klik pada gambar untuk memperbesar

Beras Merah Sosoh Organik Murah Jogjakarta

Diterbitkan pada 07 Mar 2017 11:27 WIB
Kategori Pertanian
Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta Indonesia
Dilihat : 59x
16500 per Kilogram (kg)
Hubungi Penjual Minta Penawaran

Beras Merah "Sosoh" adalah :

beras yang sudah dibersihkan hingga hilang selaput bijinya
beras yang telah dilepaskan sekam, lembaga, dan kulit arinya dengan cara menumbuk (tanpa menggunakan tenaga motor)
Atau dengan kata lain beras merah sosoh adalah beras merah yang setelah digiling, kemudian di”selip” atau disosoh satu kali atau bisa juga maksimum dua kali, sehingga warnanya tampak seperti merah muda.
Untuk khasiat sama seperti beras merah pecah kulit, cuma bedanya dari rasa saja, ini tidak keset" di lidah, karena telah bersih dari kulit" ari.
Khasiat Beras Merah :


1. Dapat mengurangi resiko terkena penyakit diabetes. Berdasarkan penelitian yang dilakukan baru-baru ini di Sekolah Kesehatan Masyarakat Harvard, Amerika Serikat. Jika mengkonsumsi dua porsi atau lebih beras merah per minggunya, dapat mengurangi resiko terserang penyakit diabetes. Padahal apabila kita mengkonsumsi lima porsi atau lebih beras putih per pekannya dapat meningkatkan resiko penyakit diabetes.


2. Dapat mencegah penyakit kanker dan penyakit degeneratif lainnya, ini karena beras merah mengandung selenium, zat ini berfungsi untuk mengubah peroksida menjadi komponen yang tidak beracun, sehingga selenium berpotensi dapat mencegah penyakit kanker dan penyakit degeneratif lainnya.


3. Dapat mencegah penyakit gondok, ini juga karena beras merah mengandung selenium. Karena apabila kadar selenium didalam tubuh rendah maka dapat menurunkan pembentukan hormon T3 (triiodotironin) dan T4 (tetraiodotironin) yang sangat berperan aktif dalam pertumbuhan tubuh. Akibatnya, pembentukan tiroksin rendah dan timbulah penyakit gondok.


4. Dapat mencegah sembelit, ini karena beras mengandung banyak fiber dan selulosa. Kandungan fiber yang tinggi dapat membuat seseorang merasa lebih kenyang dan tidak mudah lapar, sehingga sangat baik untuk pola diet.


5. Dapat menurunkan keakutan asma, ini karena beras merah mengandung magnesium dan dalam beberapa studi magnesium yang terkandung dalam beras merah dapat menurunkan keakutan asma.


6. Dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), ini karena beras merah mengandung serat. Dan secangkir beras merah perharinya mampu menyediakan 14% serat, dan serat ini mampu menurunkan kolesterol tinggi dan juga menghambat aterosklerosis. Berdasarkan studi di Universitas negara bagian Louisiana, Amerika Serikat, menemukan juga bahwa minyak dedak beras merah ini dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) yang terdapat dalam tubuh manusia.


Tips Mengolah Beras Merah Yang Baik


Cara Memasak Beras Merah terasa lebih sulit karena teksturnya tidak sama dengan beras putih biasa. Takaran air yang salah menyebabkan tekstur nasi beras merah keras.

Berikut langkah-langkah memasak beras merah dengan menggunakan panci lebih besar untuk menghasilkan nasi yang lebih baik :

1. Bilas dengan bersih, Awali dengan membilas beras merah dalam saringan beras di bawah air keran untuk memastikan kotoran yang ada bisa hilang. Cara ini berlaku untuk semua jenis beras merah, seperti gandum panjang, gandum pendek, basmati, parboiled, dan lain-lain karena dapat menghilangkan sisa pestisida yang mungkin tertinggal. Dengan membilas, Anda akan mengurangi pembentukan gelembung pati saat dimasak.

2. Saring dengan baik sehingga kemungkinan air tertiris lebih banyak, lalu pindahkan ke dalam mangkuk. Gunakan panci besar dan takar air dengan tepat.

3. Siapkan panci besar dengan volume 10 atau 12 liter. Takaran air untuk satu cangkir beras yaitu sepuluh cangkir, jadi jika Anda akan memasak 2 cangkir beras merah, maka gunakan air sebanyak 20 cangkir. Hasilnya sekitar enam hingga tujuh cangkir nasi matang. (catatan: 1 cangkir sekira 237 ml).

4. Setelah air mulai mendidih, tuang beras merah ke dalam panci, lalu kecilkan api menjadi sedang, dan masak selama 30 menit tanpa ditutup. Sementara itu, siapkan saringan pasta di wastafel Anda.

5. Buang busa pati Jika perlu, sendoklah busa pati yang menumpuk di atas permukaan nasi dengan hati-hati saat proses memasak berlangsung. Anda tidak perlu mengaduk beras selama dimasak.

6. Setelah 30 menit, matikan api dan saringlah air beras merah dengan hati-hati menggunakan saringan pasta sampai semua air tertiris.

7. Masak kembali Masukkan kembali beras yang telah ditiriskan ke dalam panci tertutup dan biarkan matang selama 10 sampai 15 menit. Buka tutup, lalu pindahkan dengan hati-hati ke mangkuk besar. Nikmati bersama lauk selagi hangat.

Peringatan:
- Ketika menyendoki busa keluar, berhati-hati agar air tidak menetes ke lantai yang dapat menyebabkan bahaya terpeleset.
- Berhati-hatilah dengan uap panas saat beras mulai mendidih dan pada saat meniriskan air beras merah yang mendidih.
- Jangan biarkan beras merah lebih dari 20 menit begitu saja karena rasanya bisa menjadi aneh dan baunya mulai tidak sedap.


Cara memasak beras organik

1. Cuci beras 1 x.

2. Takaran air untuk beras putih, merah dan hitam organik adalah sama dengan beras non organik dikurangi 1 gelas.

3. Beras putih bisa langsung dimasak, untuk beras merah dan beras hitam direndam air selama 2 jam.

4. Kemudian silahkan dimasak. Masak beras merah dan beras hitam bersama air rendamannya.


Laporkan Post ini
Transaksi paling aman adalah bertemu langsung dengan penjual Informasi selengkapnya

0 Komentar

Lihat Lainnya